2023 Juli 04

TANGGAPAN PERSELISIHAN PELAYANAN TRANSPORTASI DARAT DI BANDARA HANG NADIM

TANGGAPAN PERSELISIHAN PELAYANAN TRANSPORTASI DARAT DI BANDARA HANG NADIM

Sehubungan dengan adanya perselisihan antara pengemudi layanan Taksi dengan layanan transportasi berbasis aplikasi (online) di luar Bandara Hang Nadim, serta pemberitaan terkait yang bertemakan gangguan pelayanan Bandara Hang Nadim pada tanggal 25 Juni 2023, bersama ini disampaikan bahwa Manajemen PT Bandara Internasional Batam (BIB) sampai dengan saat ini berkomitmen untuk menyelenggarakan jasa layanan transportasi darat dengan prinsip persaingan usaha yang sehat dan sesuai dengan ketentuan hukum, sehingga perselisihan yang timbul di antara pengemudi sangat disesalkan terjadi.

Perselisihan antar pengemudi Taxi dengan layanan transportasi berbasis aplikasi (online) telah terjadi sejak lama dan tidak terjadi hanya di Bandara saja, namun juga terjadi di lokasi lainnya. Untuk itu Manajemen PT BIB menyerahkan kepada aparat hukum untuk melakukan upaya penyelesaian yang sesuai dengan kearifan lokal bersama seluruh stakeholder sehingga dapat dipahami bersama bahwa Bandara Hang Nadim merupakan Objek Vital Nasional yang harus dijaga.

Saat ini manajemen PT BIB sudah melakukan upaya dan solusi, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam solusi jangka pendek manajemen PT BIB telah melakukan Penataan layanan transportasi darat dengan skenario khusus, Harmonisasi komunikasi dengan asosiasi pengemudi Taxi Batam dan Layanan Transportasi berbasis aplikasi (online), Memfasilitasi pertemuan antara pengemudi Taxi dengan pengemudi transportasi berbasis aplikasi (online), Berkoordinasi dengan lembaga atau dinas terkait.

Kemudian untuk solusi jangka panjang manajemen PT BIB telah mengikuti seluruh prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku sesuai dengan prinsip persaingan usaha yang sehat. Manajemen PT BIB menyambut positif mediasi yang dilakukan oleh Para Pihak sehingga diharapkan terdapat jalan tengah yang arif dan bijaksana untuk Para Pihak.

Disisi lain manajemen PT BIB juga terus berkolaborasi dengan penyelenggara Logistic Aero City untuk melakukan patroli bersama pada jalan akses bandara sesuai dengan kewenangan di Kawasan pengelolaan masing-masing, serta berkolaborasi dengan Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan setempat unsur pemerintahan setempat untuk membentuk skenario solusi yang diperlukan mengingat profil penumpang dan pengguna jasa Bandara adalah masyarakat industri dan bisnis yang memiliki perilaku untuk memperoleh kemudahan dan kenyamanan Bandar Udara, baik berupa layanan langsung di Bandar Udara maupun layanan pendukung Bandar Udara seperti layanan transportasi darat.

Program transformasi layanan transportasi darat di Bandara Hang Nadim akan di implementasikan mulai tahun ini yang berkolaborasi dengan stakeholder, hal ini merupakan keseriusan perubahan layanan mengingat BIB memiliki kewajiban untuk memperoleh nilai indeks pelayanan yang ditentukan oleh BP Batam sebagai mitra dalam Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Survey atas penilaian tersebut diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI) sebagai lembaga Internasional yang independen sehingga hasil penilaian akan menjadi tolak ukur penyelenggaraan kewajiban BIB dalam mengelola Bandara Hang Nadim.

2023 Juli 05

BANDARA HANG NADIM LAYANI PENERBANGAN HAJI 2023

BANDARA HANG NADIM LAYANI PENERBANGAN HAJI 2023

Dengan dimulainya rangkaian keberangkatan jamaah Haji di Indonesia PT Bandara Internasional Batam sebagai pengelola Bandara Hang Nadim turut aktif dalam mensukseskan program Haji 2023 yang melalui Embarkasi Batam. Keberangkatan Haji akan dimulai pada tanggal 24 Mei 2023 sampai dengan 21 Juni 2023, sedangkan Kedatangan Jamaah Haji direncanakan dimulai pada tanggal 4 Juli 2023 sampai dengan 3 Agustus 2023.

Bandara Hang Nadim akan melayani 11.926 jamaah yang merupakan gabungan dari Haji Embarkasi Batam dan Haji Antara. Adapun jumlah Jamaah Haji terdiri dari Jamaah Haji Kepulauan Riau sejumlah 1291 orang, Jamaah Haji Riau sejumlah 5047 orang, Jamaah Haji Jambi sejumlah 2909 orang, Jamaah Haji Kalimantan Barat sejumlah 2519 orang, dan petugas kloter sebanyak 159 orang.

Terkait dengan persiapan Bandara Hang Nadim telah mempersiapkan skenario operasi mulai dari pengalokasian ruang tunggu, metode pemeriksaan yang dilakukan dengan bekerjasama dengan Asrama Haji dan Bandara keberangkatan untuk Haji Antara. Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan maka skenario pemeriksaan keamanan untuk penumpang Haji Embarkasi Batam akan dilakukan di Asrama Haji Batam dan untuk itu Bandara Hang Nadim telah mempersiapkan tempat, petugas dan peralatan dengan metode yang sama sehingga jaminan keamanan bagi Jamaah Haji tetap berlaku standar sebagai Penumpang Pesawat Udara ungkap Vice President Corporate PT Bandara Internasional Batam Aidhil P Julian.

Feeder flight yang akan dilayani dalam keberangkatan Jamaah Haji adalah 25 flight dari Riau dan Jambi sehingga Bandara Hang Nadim akan menjadi simpul keberangkatan, sehingga dengan demikian untuk memastikan terselenggaranya pelayanan operasi penerbangan Haji 2023 PT Bandara Internasional Batam telah mempersiapkan satuan tugas khusus yang fokus bertugas untuk memastikan operasi penerbangan Haji 2023 yang di ketuai langsung oleh level manajemen operasi bandar udara.

Disamping itu PT Bandara Internasional Batam juga telah memastikan kesiapan fasilitas udara, fasilitas terminal dan petugas yang akan melakukan penanganan langsung, sehingga dengan demikian dapat dipastikan Bandara Hang Nadim akan siap menyelenggarakan operasi penerbangan Haji tahun 2023.

2023 Juli 05

INAGURASI PENERBANGAN LANGSUNG INCHEON BATAM DI BANDARA HANG NADIM

INAGURASI PENERBANGAN LANGSUNG INCHEON BATAM DI BANDARA HANG NADIM

Sebagai wujud transformasi pelayanan kebandarudaraan secara bertahap PT Bandara Internasional Batam/ BIB sebagai pengelola Bandara Hang nadim terus berinovasi untuk menghadirkan pelayanan dan konektivitas udara untuk menjadikan Batam sebagai Hub udara Indonesia bagian barat, mengingat Batam memiliki keunggulan sebagai Kawasan Perdagangan Bebas sehingga inovasi yang dilakukan oleh BIB pada dasarnya sejalan dengan program pemerintah yang menjadikan Batam sebagai Hub Logistic Indonesia.

Khusus untuk transformasi pelayanan kepada penumpang telah dimulai oleh PT BIB secara bertahap dan untuk itu pada triwulan 1 tahun 2023 BIB telah merampungkan penilaian Airport Service Quality yang diselenggarakan oleh Airport Council Internasional dengan hasil penilaian yang sangat memuaskan di atas nilai standar yang di tetapkan oleh Badan Pengusahaan Batam sebagai Penanggung Jawab Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha. Terkait dengan pengembangan konektifitas udara, Aidhil P Julian Vice President Corporate Secretary BIB menjelaskan bahwa BIB terus menambah rute-rute dari dan atau menuju Bandara Hang Nadim baik domestik maupun internasional.

Saat ini rute di Bandara Hang Nadim yang telah dikembangkan berjumlah 17 rute domestik, dan untuk rute internasional Bandara Hang Nadim telah memiliki 1 rute reguler, penerbangan umroh, penerbangan Haji. Terkait dengan pengembangan rute internasional, BIB juga bekerjasama dengan salah satu pemegang sahamnya yaitu Incheon International Airport Corporation/ IIAC untuk mengembangkan rute Incheon-Batam.

Kerjasama ini dikembangkan bersama maskapai penerbangan Korea yaitu Jeju Air dan Jin Air serta ekosistem pariwisata Batam terkait dengan pengembangan paket perjalanan menuju Batam. BIB juga aktif untuk melakukan lobi-lobi ke Pemerintah Pusat untuk mendapatkan dukungan extra bilateral atas traffic rights antar negara mengingat khusus untuk penerbangan internasional berlaku perjanjian internasional antar negara.

Untuk mewujudkan konektifitas Batam dengan Incheon, BIB telah menyelenggarakan promosi Batam kepada pelaku usaha travel Korea dengan menyelenggarakan kegiatan familirization trip pada tanggal 15 sd 17 Januari lalu dengan memperkenalkan pengalaman langsung fasilitas dan area wisata andalan Batam Bintan termasuk wisata olah raga Golf yang merupakan oleh raga gaya hidup di Korea. Dengan persiapan yang panjang dan matang terhadap promosi Batam, maka pada tanggal 19 Mei 2023 BIB akan menyelenggarakan inagurasi penerbangan promosi langsung dari Korea yang akan dioperasikan oleh Jeju Air dengan mengangkut 189 penumpang untuk paket wisata selama 3 hari di Batam.

Program ini akan dikembangkan menjadi program reguler PT Bandara Internasional Batam bersama Jeju Air dan Jin Air sehingga ditargetkan penerbangan Incheon-Batam-Incheon akan mulai aktif pada periode winter flight. Disamping mengembangkan rute Incheon-Batam, BIB juga dalam tahap diskusi dengan Air Asia Berhad untuk membuka rute penerbangan langsung ke Kuala Lumpur secara reguler. Tim Air Asia Berhard telah datang melihat langsung fasilitas Bandara Hang Nadim dan direncanakan penerbangan tersebut akan aktif di bulan Juli mendatang dan untuk itu BIB juga mendorong konektifitas Air Asia Berhad diharapkan dapat tersambung dengan Air Asia Indonesia sehingga Batam dapat menjadi titik Hub rute Air Asia ke pasar domestik.

Terhadap upaya pengembangan rute yang dilakukan BIB merupakan salah satu strategi transformasi layanan Bandara Hang Nadim yang akan diimplementasikan untuk 5 tahun pertama dengan 4 tahapan strategi yaitu pada tahun 2022 fokus pada transisi dan adaptasi, kemudian pada tahun 2023-2024 fokus pada pengaktifan pengalaman pelayanan kebandarudaraan serta mengaktifkan rute-rute yang pernah dilayani dan mengembangkan rute baru, sedangkan di tahun 2025 akan memperkenalkan revolusi pelayanan dengan pengoperasian Terminal 2 yang merupakan wajah baru Bandara Hang Nadim, serta untuk tahun 2026 merupakan penerapan transformasi secara keseluruhan baik kelembagaan dan pelayanan kepada pelanggan.

 

PT Bandara Internasional Batam
Jl Hang Nadim No.01, Batu Besar, Nongsa Kota Batam Kepulauan Riau 29466
Contact Person :
Aidhil P Julian : Vice President Corporate Secretary
M Badrudin : Corporate Communication & Stakeholders Relation (0811-7700-299)
Email : corsec@bthairport.com  

2023 Juli 05

PERGERAKAN PENUMPANG DI BANDARA HANG NADIM SEPANJANG LIBUR IDUL ADHA TAHUN 2023

PERGERAKAN PENUMPANG DI BANDARA HANG NADIM SEPANJANG LIBUR IDUL ADHA TAHUN 2023

 

Sejak Pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Lebaran Idul Adha 1444 H/ 2023 M menjadi tiga hari kalender tanggal 28, 29, 30 Juni 2023 beberapa minggu yang lalu, PT Bandara Internasional Batam (BIB) telah menerapkan langkah untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Bandara Hang Nadim. Salah satu langkah yang dilakukan oleh PT BIB adalah menghimbau kepada seluruh calon penumpang agar melakukan web check-in, tidak membawa barang berlebihan, datang 2 jam sebelum waktu boarding.

Menurut Vice President Corporate Secretary (Aidhil P. Julian) selama periode hari libur nasional dan cuti bersama Lebaran Idul Adha 1444 H/ 2023 M, PT BIB telah mencatat pergerakan arus penumpang di Bandara Hang Nadim pada tanggal 27 Juni – 3 Juli 2023 tercatat pergerakan penumpang setiap harinya rata-rata mencapai 12.000 ribu pax. Puncak tertinggi pergerakan penumpang terjadi pada tanggal 2 Juli 2023 sebanyak 13.341 ribu pax dengan total penerbangan sebanyak 589 flight atau naik sebanyak 7 persen dan total pergerakan arus penumpang selama periode tersebut mencapai 86.311 ribu pax atau naik sebesar 10 persen dari periode tahun sebelumnya.

Meningkatnya pergerakan arus penumpang di Bandara Hang Nadim, menjadi indikasi bahwa semakin meningkatnya minat masyrakat untuk berlibur dan berpergian menggunakan moda transportasi udara. PT BIB juga telah meningkatkan layanan terhadap beberapa aspek diantaranya aspek keselamatan, kemanan, serta maintenance terhadap fasilitas dan utilitas existing terminal. Terciptanya layanan perjalanan yang nyaman dan aman bagi pelanggan dan pengguna jasa merupakan prioritas PT BIB untuk mensukseskan program KPBU Bandara Hang Nadim.

2023 Juli 05

BANDARA HANG NADIM LAYANI KEPULANGAN JAMAAH HAJI TAHUN 1444 H/ 2023 M

Dengan selesainya prosesi Ibadah Haji tahun 1444 H/ 2023 M di tanah suci, PT Bandara Internasional Batam (BIB) telah mempersiapkan layanan terbaik bagi pemulangan Jamaah Haji Debarkasi Batam. Jadwal kepulangan Jamaah Haji Embarkasi Batam dimulai dari tanggal 4 Juli s/d 4 Agustus 2023, pada kloter Pertama Bandara Hang Nadim layani sebanyak 369 penumpang. Dengan memahami pentingnya kenyamanan dan kebutuhan Jamaah Haji, PT BIB siap untuk memberikan layanan yang terbaik.

Salah satu langkah yang diambil adalah meningkatkan pelayanan di area kedatangan Internasional. PT BIB telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan menambahkan petugas khusus untuk membantu dalam proses pemulangan Jamaah Haji sehingga seluruh proses pelayanan berjalan dengan lancar dan aman. Petugas akan membantu dalam pengambilan bagasi, pengecekan dokumen, dan memandu Jamaah Haji ke tempat yang diinginkan. Selain itu, PT BIB juga telah melakukan perawatan dan perbaikan pada fasilitas-fasilitas yang ada di area kedatangan Internasional. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan yang maksimal bagi Jamaah Haji yang tiba di bandara.

Untuk memaksimalkan layananan kepada Jamaah Haji Debarkasi Batam, PT BIB juga telah melakukan pengaturan teknis proses flow kedatangan Internasional serta menyediakan 4 Counter Imigrasi yang disiapkan sesuai dengan strategi taknis operasi dengan mempersiapkan lokasi boarding gate A2 sebagai swing gate internasional-domestik untuk proses imigrasi. Hal ini memberikan layanan terbaik dengan kemudahan akses dengan tetap memperhatikan kepatuhan terhadap regulasi terkait.

Pesawat feeder untuk Jamaah Haji Antara juga telah disiapkan, untuk boarding feeder Jamaah Haji Antara akan diarahkan ke gate A9, sedangkan untuk Jamaah Haji yang berasal dari Kepri melalui pintu kedatangan Internasional yang selanjutnya telah dipersiapkan bus khusus yang akan di dampingi petugas bandara sampai dengan Asrama Haji Batam. Dengan semua persiapan dan koordinasi yang dilakukan, PT BIB memastikan para Jamaah Haji yang tiba di Bandara Hang Nadim mendapatkan pengalaman yang nyaman dan aman.

 

2023 Juli 29

PENGUMUMAN GANGGUAN TEMPARATUR RUANGAN DI BANDARA INTERNASIONAL HANG NADIM

PENGUMUMAN GANGGUAN TEMPERATUR RUANGAN
DI BANDARA HANG NADIM

Sehubungan dengan terjadinya gangguan sistem pendingin ruangan di Bandara Internasional Hang Nadim sejak hari Jumat sore tanggal 28 Juli 2023 akibat terdapatnya kerusakan pada komponen peralatan  penunjang, bersama ini disampaikan bahwa Manajemen PT Bandara Internasional Batam (BIB) telah  mengupayakan pemulihan  suhu ruangan dan mengembalikan tingkat kenyamanan suhu ruangan sesuai dengan standar. Dalam Upaya pemulihan tersebut masih terdapat beberapa area terdampak dan untuk itu PT BIB telah menerapkan skenario perbaikan dan konfigurasi taktikal untuk memberikan kenyamanan pengguna jasa Bandara Hang Nadim.

 

Menurut Vice President Corporate Secretary, Aidhil P. Julian upaya pemulihan dilakukan dengan menerjunkan teknisi khusus untuk menemukenali kendala dan solusi yang diperlukan.  PT BIB saat ini telah melakukan perbaikan yang diperlukan dan memohon maaf atas terjadinya gangguan ini. Untuk  memulihkan kenyamanan pengguna jasa PT BIB telah meletakkan sejumlah pendingin portable pada area ruangan yang belum kembali maksimal. Kami berupaya keras dan fokus dalam membentuk opsi taktikal dengan menerapkan berbagai skenario (ungkap Aidhil P. Julian).

 

Hari ini suhu ruangan untuk area utama layanan sudah kembali normal, dan secara bertahap akan menjangkau seluruh area pendukung. Terkait dengan antisipasi layanan penumpang, Bandara Internasional Hang Nadim telah memiliki berbagai skenario operasi layanan terminal untuk mengkonfigurasi layanan penumpang sehingga dapat dipastikan bahwa Bandara Internasional Hang Nadim sigap dalam berbagai gangguan operasional.

 

Disisi lain Aidhil P. Julian menyampaikan bahwa gangguan atas suhu ruangan tidak berdampak pada kesiapan operasi penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim sehingga dapat dipastikan Bandara Internasional Hang Nadim tetap dalam kondisi prima dan handal. Untuk memaksimalkan layananan, PT BIB juga telah menurunkan petugas khusus terminal untuk memastikan penyedian fasilitas dan utilitas di area terminal dapat terpenuhi dan melakukan pengecekan suhu ruangan secara berkala.

PT Bandara Internasional Batam.
Jl Hang Nadim No.01, Batu Besar, Nongsa Kota Batam Kepulauan Riau 2946

 

Executive Office
Aidhil P. Julian
Vice President Corporate Secretary
Contact :
M Badrudin
Communication & Stake Holder Relation
Email  :  corsec@bthairport.com
Direct 0811 7700 299

 

2023 September 01

MANAJEMEN BANDARA INTERNASIONAL HANG NADIM TERAPKAN ATURAN BATAS WAKTU MAKSIMAL 3 MENIT DROP OFF DAN PICK UP PENUMPANG DI AREA KEBERANGKATAN DAN KEDATANGAN

MANAJEMEN BANDARA INTERNASIONAL
HANG NADIM
TERAPKAN ATURAN BATAS WAKTU MAKSIMAL 3 MENIT DROP OFF DAN PICK UP PENUMPANG DI AREA KEBERANGKATAN
DAN KEDATANGAN

 

Dalam rangka untuk meningkatan pelayanan di Bandara Internasional Hang Nadim, PT Bandara Internasional Batam sebagai pengelola Bandara Internasional Hang Nadim terus melakukan transformasi pelayanan kepada pengguna jasa bandar udara. Salah satu transformasi pelayanan tersebut adalah mengoptimalkan layanan operasional pada area Keberangkatan dan Kedatangan penumpang.

 

Sebelumnya sejak September 2022, Manajemen PT Bandara Internasional Batam telah melakukan pengaturan pada area Keberangkatan dan Kedatangan. Pengaturan tersebut antara lain penataan jalur mobilitas kendaraan, pemasangan safety cone, safety berrier, rambu jalan dan marka. Tidak hanya itu, dengan adanya renovasi Gedung VIP Bandara bulan Januari 2023 manajemen PT Bandara Internasional Batam juga menyiapkan jalur penjemputan VIP pada area Kedatangan.

 

Selanjutnya pada bulan Juni 2023, Manajemen PT Bandara Internasional Batam melakukan sosialisasi terkait dengan penerapan aturan batas waktu maksimal 3 (tiga) menit drop off dan pick up penumpang pada area Kebarangkatan dan Kedatangan, serta pada pertengahan bulan Agustus 2023 telah dilakukan uji coba penerapan aturan tersebut.

 

Dengan dilakukanya sosialisasi dan uji coba penerapan aturan batas waktu drop off dan pick up penumpang pada area kebarangkatan dan kedatangan, diharapkan seluruh masyarakat atau pengguna jasa dapat memahami dan mematuhi aturan tersebut. Penerapan aturan ini juga sebagai langkah awal manajemen PT Bandara Internasional Batam dalam mengendalikan kepadatan atau antrian kendaraan saat peak hours atau jam sibuk di Bandara Internasional Hang Nadim.

 

Dalam penerapanya, pengemudi atau pemilik kendaraan dapat melakukan drop off dan pick up penumpang dalam waktu maksimal 3 (tiga) menit. Setelah itu, pengemudi atau pemilik kendaraan diharapkan segera memindahkan atau memarkirkan kendaraanya di tempat yang telah disediakan untuk memberikan kesempatan kepada pengguna jasa lain. Tanda rambu dan papan pengumuman yang jelas juga sudah dipasang pada area Keberangkatan dan Kedatangan untuk memberitahukan para pengemudi atau pemilik kendaraan tentang aturan batas waktu. Petugas khusus landside dan Patroli juga disiapkan untuk membantu menertibkan dan kelancaran pada area tersebut.

 

Vice President Corporate Secretary (Aidhil P. Julian) menyampaikan penerapan aturan batas waktu maksimal 3 (tiga) menit drop off dan pick up penumpang pada area Keberangkatan dan Kedatangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan dimulai pada tanggal 1 September 2023. Penerapan aturan tersebut merupakan langkah penting untuk mengatur arus lalu lintas, meminimalkan kemacetan, dan meningkatkan efisiensi operasional di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

 

Konsekuensi dan sanksi bagi pengemudi atau pemilik kendaraan yang melanggar juga diterapkan pada aturan tersebut, salah satu sanksi-nya adalah dilakukan penggembokan ban kendaraan oleh petugas khusus Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Proses penggembokan ban kendaraan dilakukan melalui prosedur yang sudah ditetapkan. Prosedur tersebut antara lain;

1) Jika lebih dari 3 menit dilakukan pemanggilan (Announcment) kepada pengemudi atau pemilik kendaraan untuk memindahkan kendaraanya ke tempat yang telah di sediakan;

2) Jika dalam waktu 5 (lima) menit sejak pemanggilan tidak diindahkan maka akan dilakukan penggembokan ban kendaraan;

3) Dipasangkan surat teguran pada kendaraan yang melanggar;

4) Pengemudi atau pemilik kendaraan dapat menghubungi ADM (Airport Duty Manager) melalui nomor 0811 7766 737;

5) ADM (Airport Duty Manager) memberikan pengarahan kepada pengemudi atau pemilik kendaraan agar tidak mengulangi kembali;

6) Setelah mendapatkan pengarahan dari ADM (Airport Duty Manager) penggembokan ban kendaraan akan dibuka kembali dan mempersilahkanya pengemudi atau pemilik kendaraan untuk melanjutkan perjalanan.

 

Penerapan aturan batas waktu maksimal 3 (tiga) menit drop off dan pick up penumpang pada area Keberangkatan dan Kedatangan merupakan komitmen PT Bandara Internasional Batam dalam mengoptimalkan pelayanan. Untuk itu diharapkan kepada seluruh masyarakat khususnya pengguna jasa bandar udara agar dapat memahami dan melaksanakan aturan yang sudah ditetapkan demi kenyamanan dan ketertiban. Sehingga transformasi pelayanan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam ke arah yang lebih baik dapat segera terwujud.

 

2023 November 09

PT BANDARA INTERNASIONAL BATAM GELAR FGD (FOCUS GROUP DISCUSSION) DAN PENETAPAN STANDAR PELAYANAN SERTA MAKLUMAT PELAYANAN

Selesa, 7 November 2023 bertempat di Swiss-Belhotel Harbour Bay Batam. PT Bandara Internasional Batam (BIB) mengadakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) dan Penetapan Standar Pelayanan serta Maklumat Pelayanan pada Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Dalam kesempatan ini PT Bandara Internasional Batam (BIB) telah mengundang beberapa Narasumber dari Instansi Pemerintah (Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri “Lagat Parroha Patar Siadari”, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan “Shokhib Al Rohman”), Akademesi (Guru Besar Bidang Ekonomi Syariah UNIBA “Prof. Dr. Ir. H. Chablullah Wibisono, MM”), dan Perwakilan tokoh Masyarakat (Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Batam (“Syaiful Bahri”) untuk dapat menyampaikan beberapa pandangan dan memberikan pemahaman terhadap pentingnya Standar Pelayanan, khususnya di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam. Dalam kegiatan ini PT Bandara Internasional Batam (BIB) juga mengundang Ketua Tim KPBU Bandara Hang Nadim, Kapolresta Barelang, Komandan Lanud Hang Nadim, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Kota Batam, Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Kota Batam, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Batam, Kepala Stasiun BKIPM Kota Batam, Kepala Cabang Perum LPPNPI Batam, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Operation Head PT. Pertamina Patra Niaga DPPU Hang Nadim, General Manager PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Station Manager PT. Citilink Indonesia, Station Manager PT. Lion Air, Station Manager PT. Nam Air, Liaison Officer PT. Super Air Jet, Station Manager PT Airfast Indonesia, Station Manager PT Susi Air, General Manager PT. Gapura Angkasa, Station Coordinator PT. Prathita Titiannusantara, Direktur Operasi PT. Gemalindo Air Support, Manager Gudang PT. Persero Batam, Direktur Utama PT Batam Aero Technic. Pada kesempatan pertama, Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (Pikri Ilham Kurniansyah) menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta FGD (Focus Group Discussion) dan Narasumber yang hadir pada kesempatan ini. Terima kasih juga saya sampaikan kepada tim yang terlibat dalam penyusunan Standar Pelayanan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, ini merupakan langkah awal kita (BIB) dalam mewujudkan dan meningkatkan Standar Pelayanan di Bandar Udara Internasional Hang Nadim. Disampaikan juga bahwa penilaian survei Standar Pelayanan dari ASQ (Airport Service Quality) pada Q3 tahun 2023 mendapatkan score yang positif dengan kenaikan sebesar 0,05 dengan nilai 4.19, hal ini tentu merupakan hasil dari kerja keras kita bersama dan implementasi yang dilakukan oleh PT Bandara Internasional Batam (BIB) dalam menyediakan dan meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa Kebandarudaraan.

Untuk meningkatkan pelayanan jasa Kebandarudaraan, PT Bandara Internasional Batam (BIB) wajib memberikan pelayanan kepada Pengguna Jasa Bandar Udara sesuai dengan Standar Pelayanan jasa Kebandarudaraan. Standar terhadap pelayanan jasa Kebandarudaraan di Bandar Udara meliputi Standar Pelayanan terhadap Pesawat Udara, Standar Pelayanan terhadap penumpang, dan Standar Pelayanan di area/wilayah kargo dan pos. Sejalan dengan hal tersebut, menurut Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 41 Tahun 2023 Tentang Pelayanan Jasa Kebandarudaraan di Bandar Udara, dijelaskan bahwa Unit Penyelenggara Bandar Udara dan Badan Usaha Bandar Udara wajib menetapkan dan melaksanakan Standar Pelayanan jasa kebandarudaraan di Bandar Udara. Dukungan dari masyarakat, stakeholder, dan instansi lain sangat diperlukan, peran media juga sangat dibutuhkan dalam membantu memberikan informasi kepada publik terkait Standar Pelayanan serta di Bandara Internasional Hang Nadim. Untuk itu mari kita (BIB) bersama-sama menjaga atas Standar Pelayanan jasa kebandarudaraan yang sudah ditetapkan. Profesional, Responsif, Integritas, Setara, Menyenangkan, Akuntabel (PRISMA) menjadi tatanan nilainilai Pelayanan baru bagi Bandar Udara Internasional Hang Nadim sejak dikelola oleh PT Bandara Internasional Batam (BIB) dalam mewujudkan Pelayanan Prima. Melalaui nilai-nilai Pelayanan tersebut, PT Bandara Internasional Batam (BIB) sebagai pengelola jasa Kebandarudaraan memiliki visi “Mewujudkan Pelayanan Prima untuk Menciptakan Pengalaman Penumpang yang Menyenangkan di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam” dan Misi “1. Terciptanya SDM -SDM frontliners yang profesional dalam memberikan pelayanan, 2. Tersedianya pelayanan yang setara terhadap seluruh pengguna jasa, 3. Tersedianya fasilitas, sarana dan prasarana yang berkualitas, 4. Terciptanya sinergi stakeholder yang berkesinambungan dalam rangka menjaga tingkat pelayanan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Tidak hanya itu, dalam rangka menjaga dan meningkatkan keselamatan, keamanan, kelancaran, dan kenyamanan di Bandar Udara, PT Bandara Internasional Batam (BIB) juga telah menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan untuk menerapkan Standar Pelayanan jasa kebandarudaraan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

PT Bandara Internasional Batam. Jl Hang Nadim No.01, Batu Besar, Nongsa Kota Batam Kepulauan Riau 2946

Executive Office
Aidhil P. Julian
Vice President Corporate Secretary
Contact :
Muhammad Badrudin
Communication & Stake Holder Relation
Email : corsec@bthairport.com
Direct 0811 7700 29

2023 November 17

KEPAKAN SAYAP PT BANDARA INTERNASIONAL BATAM KEMBANGKAN SHOPPING CENTER BERTARAF INTERNASIONAL DAN MODERN DI BANDARA INTERNASIONAL HANG NADIM

Bertempat di Incheon International Airport Corporation (IIAC) Korea Selatan. PT Bandara Internasional Batam (BIB) dan Shilla Duty Free Corporation telah membentuk kerjasama dengan melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding), kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 14 November 2023. Kerjasama ini adalah untuk membangun dan mengoperasikan pusat perbelanjaan khusus di Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang bertaraf internasional dan modern.

Shilla Duty Free Corporation merupakan salah satu Perusahaan asing asal Korea Selatan yang bergerak di bidang business retil terkemuka di dunia. Bandara Internasional Hang Nadim merupakan pintu gerbang yang terletak di Batam, dari tiga kota wisata utama di Indonesia (Bali, Jakarta, dan Batam). Untuk itu PT Bandara Internasional Batam (BIB) akan memaksimalkan pengalaman penumpang dengan membangun kemitraan dan kolaborasi yang konstruktif dalam ekosistem bandara.

Acara Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) tersebut telah dihadiri oleh delegasi dari dua negara (Korea Selatan dan Indonesia), termasuk President Incheon International Airport Corporation (Lee Hak-jae), Deputy Chief of Mission, Embassy of the Republic of Indonesia in Seoul (Zelda Wulan Kartika), Executive Shilla Duty Free (Kim Tae-ho), dan Chief Executive Officer PT Bandara Internasional Batam (Pikri Ilham Kurniansyah).

Menurut Vice President Corporate Secretary PT Bandara Internasional Batam (Aidhil P. Julian) “The Shilla Duty Free” direncanakan akan beroperasi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada tahun 2024 mendatang dan ini akan menjadi satu-satunya gerai/toko bebas bea yang secara eksklusif akan memasok produk bebas bea utama seperti alkohol, rokok, kosmetik, dan parfum. Masuknya “The Shilla Duty Free” di Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan menjadi gerai/toko bebas bea di luar negeri yang keempat bagi Perusahaan asal Korea Selatan, setelah Bandara Changi di Singapura, Bandara Chek Lap Kok di Hong Kong, dan Bandara Makau di China.

Masuknya “The Shilla Duty Free” ke Indonesia khususnya di Bandara Internasional Hang Nadim Batam diharapkan dapat berkontribusi pada revitalisasi ekonomi daerah dengan menciptakan lapangan kerja baru setelah beroperasi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

PT Bandara Internasional Batam
Jl Hang Nadim No.01, Batu Besar, Nongsa
Kota Batam Kepulauan Riau 2946

Executive Office
Aidhil P. Julian
Vice President Corporate Secretary

Contact :
Muhammad Badrudin
Corporate Communication & Stake Holder Relation
Email : corsec@bthairport.com
Direct 0811 7700 29

2023 November 23

KOMITMEN MENGEMBANGKAN BANDARA INTERNASIONAL HANG NADIM BATAM - CEO INCHEON INTERNATIONAL AIRPORT CORPORATION (IIAC) KUNJUNGI BANDARA INTERNASIONAL HANG NADIM

Hari ini, 22 November 2023 PT Bandara Internasional Batam (BIB) menerima kunjungan khusus Hag Jae Lee, President & CEO Incheon International Airport Corporation (IIAC) yang merupakan salah satu Pemegang Saham BIB. IIAC merupakan Perusahaan asal Korea Selatan yang mengelola Bandara Internasional Incheon, Seoul yang pada tahun 2019 mengelola traffic sebesar 71 juta penumpang dan Kargo sebesar 2,76 juta ton.

 

IIAC merupakan Pemegang Saham BIB dengan kepemilikan saham sebesar 30%. IIAC memiliki  peran penting untuk membuka penerbangan langsung dari Korea termasuk menghadirkan nuansa layanan baru kepada pengguna jasa Bandara Hang Nadim, oleh karena itu kunjungan President & CEO IIAC merupakan wujud komitmen IIAC untuk menjadikan Bandara Hang Nadim  setara dalam pengelolaan layanan dan komersialisasi di kawasan.

 

Pada kesempatannya Direktur Utama BIB (Pikri Ilham Kurniansyah) menyampaikan apresiasi atas kunjungan tersebut, menurutnya ini merupakan suatu penghargaan yang luar biasa bagi Perusahaan dan memberikan semangat kepada Manajemen dan Staf untuk mewujudkan layanan terbaik kepada para pengguna jasa. Hag Jae Lee mengatakan kunjungan ke Batam tidak hanya untuk menunjukkan komitmen IIAC di Bandara Hang Nadim, namun kunjungan ini juga akan dijadikan ajang promosi untuk memperkenalkan Batam sebagai  Surga Golf yang harus menjadi tujuan wisata warga Korea Selatan, dikarenakan Golf merupakan gaya hidup masyarakat Korea sehingga promosi ini akan menjadi daya tarik khusus untuk menarik minat kunjungan ke Batam. Hag Jae Lee membagikan pengalamannya dengan kekaguman atas infrastruktur Batam yang menurutnya siap untuk tumbuh, dan menyampaikan bahwa Bandara Hang Nadim akan menjadi pintu gerbang datangnya investasi, untuk itu IIAC bersama pemegang saham lainnya, khususnya PT Angkasa Pura 1  akan komit bekerja untuk mentransformasi Bandara Hang Nadim Batam.

 

Vice President Corporate Secretary BIB (Aidhil P Julian) menyampaikan bahwa kunjungan kerja tersebut, tidak hanya untuk mengecek proyek pengembangan Bandara Hang Nadim, namun manajemen BIB juga memperlihatkan ekosistem perekonomian di Bandara Hang Nadim dengan memperlihatkan kawasan Batam Aero Technic yang merupakan perbengkelan (Maintenance Repair Overhaul) pesawat terbesar di Indonesia serta kawasan Terminal Cargo Baru yang dipersiapkan sebagai hub kargo e-commerce.  

 

PT Bandara Internasional Batam
Jl Hang Nadim No.01, Batu Besar, Nongsa Kota Batam Kepulauan Riau 2946 (Executive Office)

Aidhil P. Julian
Vice President Corporate Secretary

 

Contact :
Muhammad Badrudin
Corporate Communication & Stake Holder Relation
Email  :  corsec@bthairport.com
Direct 0811 7700 299

 

2023 November 24

PENANGANAN CEPAT MANAJEMEN BIB TERHADAP DAMPAK INTESITAS HUJAN TINGGI DI BATAM

 

Sehubungan dengan adanya intesitas hujan yang sangat tinggi di Batam pada hari ini tanggal 23 November 2023, yang berdampak pada beberapa fasilitas dan area di Bandara Internasional Hang Nadim. Bersama ini disampaikan bahwa fasilitas dan area terdampak merupakan area yang sedang dalam proses kontruksi renovasi terminal 1. Adapun penanganan cepat yang dilakukan oleh manajemen BIB :

 

 

2024 Januari 08

H-1 PELAYANAN OPERASI ANGKUTAN NATAL 2023 & TAHUN BARU 2024 DI BANDARA INTERNASIONAL HANG NADIM BATAM

Minggu, 24 Desember 2023 merupakan periode H-1 operasi Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Bandara Internasional Hang Nadim mencatat pergerakan arus penumpang dari tanggal 19 s/d 23 Desember 2023 terus mengalami peningkatan dibandingkan operasi Angkutan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, yaitu sebanyak 63.038 pax atau naik 7,6%. Dengan akumulasi penumpang berangkat (departure) sebanyak 32.145 pax dan penumpang datang (arrival) sebanyak 30.893 pax.

Saat ini puncak tertinggi pergerakan arus penumpang yang melewati Bandara Internasional Hang Nadim terjadi pada tanggal 23 Desember 2023 yaitu sebanyak 14.660 pax atau naik sebesar 20,3% dari periode yang sama di tahun sebelumnya, dengan penambahan penerbangan (exstra flight) sebanyak 4 flight.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa bandara serta layanan informasi data secara cepat dan tepat, PT Bandara Internasional Batam (BIB) telah mengaktifkan Posko Terpadu Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sejak tanggal 19 Desember 2023 s/d tanggal 3 Januari 2024. Managemen BIB juga menghimbau kepada seluruh calon penumpang dapat mengikuti petunjuk atau aturan keamanan dan keselamatan yang berlaku di bandara, mempersiapkan dokumen perjalanan yang diperlukan, memperhatikan waktu yang cukup, menjaga kesahatan dan membatasi barang bawaan selama melakukan perjalanan.

PT Bandara Internasional Batam
Jl Hang Nadim No.01, Batu Besar,
Nongsa Kota Batam Kepulauan Riau 2946

Executive Office
Aidhil P. Julian Vice
President Corporate Secretary

Contact :
Muhammad Badrudin
Communication & Stake Holder Relation
Email : corsec@bthairport.com
Direct 0811 7700 299

2024 Januari 08

PT BANDARA INTERNASIONAL BATAM BERKOMITMEN KEMBANGKAN BISNIS RETAIL DI BANDARA INTERNASIONAL HANG NADIM BATAM

Jumat, 22 Desember 2023 sebagai kelanjutan atas kerjasama antara PT Bandara Internasional Batam (BIB) dengan Shilla Duty Free, hari ini telah dilakukan Penandatanganan Kesepakatan 3 (tiga) pihak antara PT Bandara Internasional Batam (BIB), Shilla Duty Free dan PT Sarinah tentang Kemitraan Strategis pengelolaan Duty Free di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Direncanakan pada tahun 2024 gerai Shilla Duty Free akan mulai beroperasi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. PT Sarinah akan berperan sebagai eksportir termasuk pengurusan perizinan dari instansi Pemerintah lainnya. Sarinah merupakan anggota Holding dari Injourney yang bergerak di bidang ritel dan perdagangan sehingga kerjasama ini akan memanfaatkan ekosistem Pariwisata dikarenakan Sarinah fokus pada pemasaran produk-produk unik dan kreatif asli Indonesia.

Dalam hal ini, Direktur Utama BIB (Pikri Ilham Kurniansyah) menyampaikan bahwa transformasi Bandara Internasional Hang Nadim terus dilakukan dengan di wujudkannya kerjasama dengan pemain global, dan Sarinah akan berperan besar dalam ekosistem bisnis ini. Terlaksananya kerjasama ini menunjukan komitmen BIB dalam program leaving legacy dengan menginisiasi transformasi ekosistem kebandarudaraan yang sebelumnya hanya melayani permintaan menjadi menciptakan permintaan (serving demand to creating demand).

Pada kesempatannya, Vice President Hotel Shilla Co.Ltd (Jae Wan Lee) sebagai perwakilan dari Shilla Duty Free menyampaikan bahwa Shilla Duty Free sangat bersemangat untuk masuk ke dalam pasar Indonesia dan keberadaan Sarinah akan menjadi kekuatan bersama untuk menghadirkan pengalaman retail kelas dunia.

Sejalan dengan tersebut, Direktur Utama PT Sarinah (Fetty Kwartaty) juga menyampaikan bahwa bagi kami (PT Sarinah) kerjasama ini tidak hanya terkait dengan distribusi dan ekspor produk Shilla Duty Free, namun kerjasama ini diajukan dengan prinsip reciprocal business dimana PT Sarinah memiliki kesempatan untuk membuka WINDOWNESIA di gerai Shilla Duty Free di negara lain. WINDOWNESIA adalah etalase produk-produk terbaik asli Indonesia seperti Kopi, Teh, Aroma Terapi dan produk lainnya dengan ciri dan keunikan khusus Indonesia. 

Vice President Corporate Secretary BIB (Aidhil P. Julian) menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan di Radisson Hotel Batam, acara ini berlangsung setelah dilakukan komunikasi bisnis yang panjang sejak bulan Juli 2023 dan akan menjadi sejarah baru bagi Bandara Internasional Hang Nadim Batam, dikarenakan warga negara Indonesia merupakan masuk di dalam kategori 5 pelanggan besar Shilla Duty Free di Singapura, kerjasama ini tidak hanya akan memberikan kemanfaatan bagi perekonomian Batam namun akan membuka lapangan pekerjaan baru serta menjadikan Batam sebagai icon destinasi khusus untuk produk otentik kosmetik global dan Korea di Indonesia.

PT Bandara Internasional Batam
Jl Hang Nadim No.01, Batu Besar,
Nongsa Kota Batam Kepulauan Riau 2946

Executive Office
Aidhil P. Julian
Vice President Corporate Secretary

Contact :
Muhammad Badrudin
Corporate Communication & Stake Holder Relation
Email : corsec@bthairport.com
Direct 0811 7700 299

2024 Januari 08

PENUTUPAN POSKO TERPADU ANGKUTAN NATAL 2023 DAN TAHUN BARU 2024 BANDARA INTERNASIONAL HANG NADIM BATAM

Rabu, 03 Januari 2024 – Bandara Internasional Hang Nadim Batam telah melaksanakan Apel Penutupan Posko Terpadu Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Sesuai dengan Instruksi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor: IR 4 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Transportasi Udara Selama Masa Hari Taya Natal dan Tahun Baru 2023, Posko terpadu tersebut telah beroperasi sejak 19 Desember 2023 sampai dengan 3 Januari 2024. Dalam kurun waktu 16 hari kalender sejak di operasikanya Posko, Bandara Internasional Hang Nadim telah meningkatkan kualiatas pelayanan secara terpadu baik pada fasilitas, keamanan dan keselamatan penerbangan guna terlaksananya transportasi udara yang aman, nyaman, tertib dan lancar selama natal dan tahun baru.

Pelaksanaan apel penutupan posko terpadu dipimpin oleh Direktur Operasi BIB (Nugroho Jati) dan turut dihadiri oleh perwakilan dari Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan, Basarnas Batam, Polsek Kawasan Bandara Hang Nadim, Operator Airline, Operator Ground Handling, Manajemen dan staf BIB, serta stakeholder lainnya. Dalam sambutannya, Direktur Operasi BIB (Nugroho Jati) menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan posko terpadu angkutan natal 2023 dan tahun baru 2024 ini. Melalui koordinasi antar pihak, Bandara Internasional Hang Nadim dapat beroperasi dan melayani pengguna jasa bandar udara dengan aman dan lancar.

Pada momentum perayaan natal 2023 dan tahun baru 2024 Bandara Internasional Hang Nadim juga telah melakukan berbagai skenario operasional antara lain mengoptimalkan sistem keamanan dan keselamatan penerbangan, serta pelayanan kepada pengguna jasa bandar udara, memastikan kemampuan dan kapasitas operasi bandara terkait fasilitas, personel dan prosedur, menyusun dan menyampaikan rencana operasi transportasi udara, melaksanakan inspeksi harian secara terpadu pada daerah sisi darat dan sisi udara, meningkatkan konsistensi pemeriksaan keamanan terhadap penumpang, barang bawaan, serta kargo sesuai prosedur dengan mengoptimalkan fasiltas dan personel yang ada.

Sejalan dengan hal tersebut Bandara Internasional Hang Nadim telah mencatat pergerakan arus penumpang selama periode natal 2023 dan tahun baru 2024. Pada periode natal 2023, tanggal 19 Desember 2023 sampai dengan 25 Desember 2023 jumlah pergerakan arus penumpang mencapai 84.059 pax atau naik 3,6% dibanding tahun sebelumnya, dan sampai dengan tanggal 3 Januari 2024 Bandara Internasional Hang Nadim telah melayani penumpang sebanyak 176.629 pax atau naik 0,4% dibanding tahun sebelumnya, dengan akumulasi pergerakan penumpang berangkat sebanyak 86.586 pax dan penumpang datang sebanyak 90.043 pax dengan total penerbangan 1.295 flight termasuk penambahan penerbangan sebanyak 45 flight. Puncak tertinggi pergerakan arus penumpang terjadi pada tanggal 23 Desember atau H-2 Natal 2023 yaitu mencapai 14.660 pax atau naik 20,3% dibanding tahun sebelumnya, dimana tujuan penerbangan didominasi dari dan ke Jakarta, Medan. Dalam kesempatan lain, Direktur Utama BIB (Pikri Iham Kurniansyah) juga menyampaikan bahwa terlaksananya posko terpadu angkutan natal 2023 dan tahun baru 2024 Bandara Internasional Hang Nadim merupakan komitmen PT BIB dalam menjalankan regulasi yang ada untuk mengawal setiap momentum besar agar terciptanya layanan yang optimal khususnya pada Bandara Internasional Hang Nadim. Disisi lain saat ini pada terminal 1 juga sedang dalam proses renovasi, untuk itu kami (BIB) sebagai pengelola akan terus berupaya untuk memaksimalkan seluruh aktivitas operasional bandara dapat berjalan dengan baik dan normal.

PT Bandara Internasional Batam.
Jl Hang Nadim No.01, Batu Besar,
Nongsa Kota Batam Kepulauan Riau 2946
Executive Office
Aidhil P. Julian
Vice President Corporate Secretary
Contact :
Muhammad Badrudin
Communication & Stake Holder Relation
Email : corsec@bthairport.com
Direct 0811 7700 299

2024 Januari 16

PERLUAS PENERBANGAN INTERNASIONAL PT BANDARA INTERNASIONAL BATAM SEGARA HADIRKAN RUTE BARU CHARTER FLIGHT BATAM - CHINA - BATAM

Dalam rangka memperluas konektivitas regional dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di Indonesia khususnya Batam. PT Bandara Internasional Batam (BIB) selaku operator Bandara Internasional Hang Nadim telah kembali menghadirkan rute baru penerbangan Internasional. Hadirnya rute baru penerbangan tersebut merupakan tindak lanjut dan komitmen BIB dalam program leaving legacy dengan menginisiasi transformasi ekosistem kebandarudaraan yang sebelumnya hanya melayani permintaan menjadi menciptakan permintaan (serving demand to creating demand).

Rencana penerbangan Internasional tersebut adalah dari dan ke Kunming (China) yang dilayani oleh maskapai Citilink Indonesia dan akan dimulai pada tanggal 20 Januari 2024 mendatang. Pada periode Januari - Maret penerbangan tersebut dijadwalkan satu kali seminggu, periode April – Mei direncanakan dua kali seminggu, dan pada periode selanjutnya sampai dengan Januari 2025 direncanakan menjadi tiga kali seminggu.

Persiapan khusus Operasional Bandara juga telah disiapkan oleh manajemen BIB dan pihakpihak terkait guna kelancaran kegiatan Inagurasi atau penerbangan perdana nanti. Persiapan tersebut adalah meningkatkan fasilitas dan utilitas pendukung pada area boarding gate international, checkin counter, imigration check, dan sebagainnya. Tidak hanya itu optimalisasi pemeriksaan keamanan dan keselamatan penerbangan pada orang dan barang juga telah diterapkan untuk memastikan terciptanya penerbangan yang aman dan nyaman.

Direktur Utama BIB (Pikri Ilham Kurniansyah) menyampaikan, dengan adanya penerbangan Internasional dari Batam menuju China atau sebaliknya diharapkan akan membuka peluang bisnis dan investasi di sektor pariwisata, perdagangan, industri, dan tentunya akan memberikan peluang dan pengalaman baru bagi pelanggan untuk menjelajahi destinasi menarik di kedua negara. Penerbangan ini kedapan akan menjadi penerbangan reguler Internasional dari dan ke China.

Dengan terealisasinya rencana penerbangan Internasional dari dan ke China diharapkan dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan kerjasama antara Indonesia khususnya Batam dan negara lain, dan kerjasama tersebut akan membawa manfaat bagi pengembangan Batam sebagai kawasan yang berorientasi Internasional.

Penerbangan rute Internasional tersebut juga akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya Batam. Meningkatnya pengunjung dan konektivitas ini juga berpengaruh pada permintaan berbagai layanan dan produk, sehingga berpontensi meningkatkan peluang usaha dikawasan tersebut.

Selain itu aksesibilitas masyarakat Batam dan sekitarnya ke berbagai destinasi Internasional juga dapat dilakukan dengan mudah dan efisien tanpa perlu terlalu banyak waktu untuk transit di negara lain terlebih dahulu.

 

PT Bandara Internasional Batam.
Jl Hang Nadim No.01, Batu Besar,
Nongsa Kota Batam Kepulauan Riau 2946

Executive Office
Aidhil P. Julian Vice
President Corporate Secretary

Contact :
Muhammad Badrudin
Communication & Stake Holder Relation
Email : corsec@bthairport.com
Direct 0811 7700 299

2024 Mei 08

BANDARA INTERNASIONAL HANG NADIM BATAM SIAP LAYANI ANGKUTAN HAJI TAHUN 2024

Sebagai salah satu Embarkasi dan Debarkasi Haji di Indonesia, Bandara Internasional Hang Nadim telah mempersiapkan operasional khusus untuk layanan Angkutan Udara Jamaah Haji tahun 2024. Kesiapan tersebut mulai dari Asrama Haji sampai dengan di Bandara. Pada kesempatan pertama, PT BIB telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pemberangkatan Angkutan Udara Jamaah Haji Tahun 2024 bersama instansi dan stakeholder terkait. Rapat koordinasi tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Mei 2024 bertempat di Ruang Rapat Utama BIB.

Di tahun ini, rencana pemberangkatan calon Jamaah Haji sebanyak 12.437 akan dilayani oleh Bandara Internasional Hang Nadim, atau mengalami peningkatan sebesar 4% dibandingkan dengan tahun 2023. Untuk kloter pertama dijadwalkan mulai tanggal 12 Mei 2024 dan kloter terakhir 10 Juni 2024. Serta pelaksanaan debarkasi akan dimulai pada 22 Juni hingga 22 Juli 2024.

PT BIB sebagai pengelola Bandara Internasional Hang Nadim menyatakan kesiapan untuk melayani penerbangan Angkutan Udara Jamaah Haji tahun 2024. Pada tahun ini rencana pemberangkatan calon Jamaah Haji Embarkasi Batam melalui Bandara Internasional Hang Nadim sebanyak 28 Kloter dengan rincian Kepri 4 Kloter sebanyak 1.343 CJH, Riau 12 Kloter sebanyak 5.273 CJH, Kalbar (Pontianak) 6 Kloter sebanyak 2.611 CJH, Jambi 7 Kloter sebanyak 3.071 CJH, dan Petugas Kloter Haji sebanyak 139 orang. Adapun type atau jenis pesawat yang akan digunakan dalam Angkutan Udara Jamaah Haji dari Batam ke Madinah atau Jeddah adalah Saudy Airlines Boing 747 dengan kapasitas 465 seat.

Sejalan dengan hal tersebut, sebanyak 389 personel operasional khusus telah disiapkan oleh manajemen PT BIB untuk melayani calon Jamah Haji, baik di Asrama Haji maupun di Bandara. Manajemen PT BIB secara khusus juga memastikan kesiapan infrastruktur bandara pendukung pelayanan Angkutan Udara Jamaah Haji selama proses embarkasi dan debarkasi. Direktur Utama PT BIB (Pikri Ilham Kurniansyah) menyampaikan bahwa pelayanan Angkutan Udara Jamaah Haji merupakan kegiatan yang sangat mulia serta mendukung program Pemerintah dalam mensukseskan pelaksanaan Haji. PT BIB telah siap untuk melayani dan bersama seluruh instansi dan stakeholder terkait telah berkoordinasi dalam pelayanan  penerbangan Angkutan Udara Jamaah Haji di Bandara Internasional Hang Nadim. Dengan adanya koordinasi, kolabarasi serta kesiapan seluruh pihak diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap proses pelaksanaan pemberangkatan maupun kepulangan Jamaah Haji. Faktor kesehatan bagi para petugas juga harus diperhatikan karena jadwal penerbangannya cukup padat dan membutuhkan tenaga ekstra dalam melakukan pelayanan penerbangan Angkutan Udara Jamaah Haji.

2024 Mei 12

BANDARA INTERNASIONAL HANG NADIM SUKSES BERANGKATKAN ROMBONGAN CALON JAMAAH HAJI KLOTER 1

Hang Nadim, 12 Mei 2024 - Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi Batam pada hari ini  12 Mei 2024 telah sukses di berangkatkan melalui Bandara Internasional Hang Nadim. Penerbangan tersebut merupakan kloter 1 dari 28 kloter yang akan diberangkatkan melalui Badara Hang Nadim. Pukul 07.13 WIB Pesawat yang mengangkut Calon Jamaah Haji Kloter 1 (satau) telah lepas landas dari Bandara Internasional Hang  Nadim Batam.

 

Total sebanyak 446 CJH Embarkasi Batam telah berangkat menuju Kota Madinah, adapun pesawat yang digunakan dalam angkutan haji tersebut adalah jenis Boing 747 milik Saudy Airline, waktu tempuh dari Batam ke Madinah kurang lebih memerlukan waktu 8 jam. Calon  Jamaah Haji Kloter 1 (satu) ini merupakan rombongan dari Provinsi Kepulauan Riau (Batam, Anambas, Natuna, Tanjung Pinang, Lingga).

 

Selama rangkaian proses pemberangkatan dari Asrama Haji sampai ke Bandara berjalan dengan aman dan nyaman. Petugas khusus operasional juga telah disiapkan untuk membantu kelancaran proses tersebut. Insfrastruktur dan fasilitas pendukung pada sisi udara maupun ruang tunggu juga tersedia dan dalam kondisi baik.

 

Hal senada juga sampaikan oleh Direktur Utama PT BIB (Pikri Ilham Kurniansyah) "alhamdulillah seluruh proses pemberangkatan calon jamaah haji kloter 1 (satu) Embarkasi Batam hari ini berjalan dengan aman, lancar dan nyaman, tadi pagi seluruh rombongan Calon Jamaah Haji dari Asrama Haji menuju Bandara langsung naik ke Pesawat, tidak ada waktu tunggu yang cukup lama diruang tunggu. Tentu hal ini merupakan komitmen Manajemen PT BIB bersama stakeholder, dan pihak terkait untuk terus meningkatkan layanan pada musim haji" -Pungkas Pikri Ilham K-

 

PT Bandara Internasional Batam.
Jl Hang Nadim No.01, Batu Besar, Nongsa Kota Batam Kepulauan Riau 2946

Executive Office
Aidhil P. Julian
Vice President Corporate Secretary

Contact :
Muhammad Badrudin
Corporate Comunication
Email  :  corsec@bthairport.com
Direct 0811 7700 299